1 Mei 2013

Kau Mempesona


Allah menciptakan wanita dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Dia memberikan sifat keanggunan, keindahan, dan kelembutan. Namun di sisi lain wanita juga makhluk yang lebih lemah fisik, pengendalian emosi dan perasaan dari pada kaum laki-laki. Maka banyak yang berpendapat posisi pemimpin lebih baik diambil alih oleh laki-laki. Lalu bagaimana dengan peran wanita?
Dalam firmannya QS. Al Qiyamah: 36, Allah mengatakan
“Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggung jawaban)?”
Demikian pula dengan penciptaan wanita dengan segala sifat yang melekat pada dirinya, pasti tidak ada yang sia-sia, pastilah ada hikmah dibalik itu semua. Tinggal bagaimana kita bisa menjadikan semua yang dianugrahkan oleh Allah tersebut sesuai dengan peran dan fungsinya.
Dalam buku keakhwatan 2, dibahas mengenai hal-hal yang perlu disiapkan agar muslimah bisa memenuhi amanahnya. Karena sejatinya muslimah itu memiliki peran yang yang sangat besar terutama dalam sejarah dakwah Islam. Saya menjadi sadar bahwa peran yang besar itu ternyata dimulai dari hal-hal yang kecil dan detil. Dari bagaimana penyiapan spiritualnya, intelektual, akhlak kepribadian, cara berpakaian, berinteraksi, bahkan pada bagaimana ia bersuci. Jelas peran yang besar itu tidak akan terlakoni dengan baik apabila hal-hal di atas belum dipahami dan dilaksanakan dengan baik.
Saya juga semakin menyadari bahwa jika kita melihat sejarah para shahabiyah, yang tidak diragukan lagi peran mereka pada masa dakwah Rasulullah SAW dahulu, maka beliau-beliau itu tidak melupakan kewajiban dalam rumah tangga dan keluarganya. Namun tidak pula membatasi dirinya dalam keluarga saja. Wanita pun ternyata memiliki peran yang penting jika kita bisa mengolah potensi kita dan bisa menempatkannya dengan benar.
MasyaAllah, tiada yang sia-sia dari apa yang Allah ciptakan dan tetapkan. Begitu juga dengan makhluk Allah yang bernama wanita. Saya pun ingin terus belajar dan beramal, untuk menjadi wanita seperti yang Allah dan Rasul-Nya ajarkan.

By Ayu Gumilang
Pendidikan Matematika 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar