3 November 2014

Aku Dan Dakwah


Dalam bingkai aku cinta dakwah;
Dakwah adalah kalimat akrab dan menawan di telingaku, aku mau dakwah bagaikan oase yang menyejukkan setiap jiwa yang haus, dakwah itu seperti memberikan nur dalam titik yang gelap, dakwah itu memenangkan hati manusia yang kaku, membimbing manusia yang baik agar meniti jalan yang benar, menuntun orang maksiat kepada taat, dan akhirnya hasil dakwah itulah yang akan memenangkan hati setiap manusia, karena melaluinya manusia di antarkan ke tempat mulia yang semestinya, yaitu dekat kepada Alloh ta’ ala.
Dalam dakwah jika kubahas keterkaitannya dengan aku, tentu saja aku harus sangat akrab dengannya, ialah dakwah seperti sosok paling elegan yang harus mendampingi hidupku, dakwah adalah sarana paling efektif untuk mendekatkan diri kita kepada Alloh, mendekatkan orang lain yang belum dekat kepada Alloh agar dekat kepada Alloh. Pokoknya sampai mati aku hanya ingin berkawan mesra dengannya, titik.
Berdakwah baik kepada diri kita sendiri, keluarga, masyarakat maupun yang lainnya adalah bukti cinta kepada Alloh yang paling kongkrit. Karena kecintaan Alloh kepada kitalah, Alloh mengutus kita sebagai khalifah , sebagai pendakwah. Kita adalah sosok – sosok istimewa yang di butuhkan oleh dakwah, kita wajib sadar bahwa kita membutuhkan dakwah untuk menolong diri kita dan menolong agama-Nya. Tak mungkin Alloh tak mencintai kita, maka pastilah harus kita balas cinta itu dengan dakwah itu.
Aku.. ingin dan akan berdakwah dengan cinta dan hati, sebab itulah alasan terlogis yang dulu mengantarkanku kepada jalan ini. Dakwah berbumbu cinta, membuat objek dakwah memahami bahwa dia sesungguhnya hidup untuk dicintai, mencintai, ya..tentu saja oleh Alloh, Nabiku Muhammad SAW, orangtua, dan teman seperjuanganku.  
Dakwah itu sebelum profesi apapun; sebelum apapun.
Dakwah bagiku tak harus bermimbar agar tenar, yang penting nama kita tercatat sampai ke surga. Aamiin. Hadist berbunyi; sampaikanlah walau satu ayat saja, itu cukup menjadi pendukung bagi kita. Namun, jangan pernah batasi potensi kita dengan alasan hadist tadi, kita adalah mujahidah di antara tentara Alloh.
Dakwah dalam singkatnya adalah mengajak kepada kebenaran, bukan kebaikan, karena baik belum tentu benar, tapi benar pastilah baik. Dan, tarbiyah dan dakwah itu menciptakan manusia kreatif, beragam, unik dan antik. Apapun idemu, sekonyol apapun itu, maka tunjukkanlah dengan aksi nyata. Lebih manis bereksperimen gagal daripada ide hanya jadi isapan jempol saja.
_Leea Zahra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar