29 Mei 2013

Aku Ingin Menjadi...,

Setelah membaca buku Keakhwatan 2 dari Pak Cahyadi Takariawan. Saya mengerti bahwa muslimah memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan dakwah Islam. Jadi ketika melihat daftar isinya buku ini semakin menarik untuk dibaca . Apalagi isinya tentang mempersiapkan akhwat menjadi daiyah, etika berinteraksi dengan lawan jenis, kisah-kisah shahabiyah yang inspiratif, dan fiqih wanita. Saya jadi ingat kata Bunda Endah dalam Talkshow Kemuslimahan kemarin bahwa Perempuan itu harus bisa mewarnai peradaban dengan Aqidah, Akhlak dan Keimanan, selain itu juga harus cerdas , berkarakter mulia, murah hati, berani dan sederhana. Hal ini juga dibahas dalam buku ini yang menjadi insiprasi saya juga bahwa untuk mempersiapkan akhwat menjadi daiyah ada 4 hal. Yaitu:
1.     Persiapan Spiritual
2.    Persiapan Intelektual
3.    Persiapan Fisik
4.    Persiapan Materi
Keempat persiapan itu harus dilaksanakan dengan seimbang. Tetapi yang menjadi pondasinya adalah persiapan spiritual, yaitu akidah. Karena takaran kekuatan ruhiyah seseorang ditentukan oleh kekuatan akidah di dalam hatinya. Kita bisa lihat bahwa suatu pendidikan generasi awal bermula dari pembentukan akidah di dalam hatinya. Seperti sejak kecil kita sudah diajarkan tentang tuhan kita adalah Allah dan nabi kita adalah Nabi Muhammad SAW.Selain itu yang harus disiapkan dalam persiapan spiritual juga berkaitan dengan loyalitas yang kita miliki,  akhlak yang dimiliki, melakukan amalan sunnah seperti sholat malam, tilawah, menyebut nama Allah dll.
Persiapan yang tak kalah pentingnya adalah persiapan intelektual. Seorang perempuan hendaknya memilki wawasan yang lebih luas. Apalagi seorang Dai seharusnya memiliki wawasan luas yang mencakup ilmu keislamannya, pengetahuan modern  dan alangkah lebih baiknya jika sang Dai memilki ketrampilan dan kecakapan tertentu yang bisa diunggulkan.
Seorang Dai tidak akan maksimal jika dia lemah fisiknya. Karena jika keadaan sakit, maka aktifitas kita dalam berdakwah pun akan terganggu. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk memperhatikan kesehatan dan melakukan persiapan fisik dengan berolahraga rutin dan menjalankan pola makan yang sehat.
Persiapan terakhir yang juga perlu diperhatikan adalah persiapan materi. Seorang Dai seharusnya bisa mengatur keuangan dengan baik, dengan pengaturan yang baik maka sang Dai bisa menjalankan amanah dengan seimbang.
Itulah salah satu dari banyak hal inspirasi yang bisa saya dapat dari buku Keakhwatan 2. Semoga saya bisa belajar menjadi seorang Daiyah dengan mempersiapakan segalanya seperti yang ada dalam buku.

*Azmi Fitria Pratiwi*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar