18 Juni 2013

Tentang Sebuah Nama



by: Istikomatul Fathonah

Nama adalah sebuah identitas yang mewakili diri kita secara fisik. Seluruh fisik kita, tingkah laku kita, dapat tergambar melalui sebuah nama. Karena itu nama menjadi begitu berharga. Itulah mungkin alasan mengapa Abbas As-Siisiy membahas juga tentang mengingat nama seseorang dalam rangka menyentuh hatinya. Ada orang yang punya tipikal orang yang mudah lupa pada banyak hal baru, terutama nama baru. Kalau mengingat wajah ya bisa, tapi kalau megenai nama, jangan kaget kalau saatberbincang-bincang tiba-tiba nyeletuk “Maaf, tadi namanya siapa ya?”.  Padahal, menurut buku ini, mengingat dan menghafal nama itu sangat penting dalam menjaga hubungan karena disini terjadi interaksi dan lahir pula sifat saling percaya sesama individu. Menghafal nama seseorang juga merupakan salah satu bentuk penghargaan kita terhadap seseorang. Jadi jangan sepelekan lagi tentang sebuah nama (mengingatkan diri sendiri).
Berikut adalah cara mengingat nama ala Abbas As-Siisiy
1.       Tanamkan rasa ingin dan suka menghafal nama orang lain.
2.       Selalu siap untuk mengahafal nama saat berkenalan, entah nama lengkap atau nama panggilannya saja.
3.       Ingat nama panggilan yang disukainya.
4.       Ingat nama orang-orang yang namanya mirip dengan orang yang baru dikenal.
5.       Perhatikan ciri-ciri yang menonjol dari orang tersebut, dan detail berlangsungnya perkenalan
6.       Tulislah nama-nama kenalan anda, lengkap dengan nomor yang bisa dihubungi dan/atau alamat untuk tetap menyambung silaturahim setelah perkenalan.
7.       Saat pertemuan, ingatlah pertemuan-pertemuan sebelumnya,
8.       Perbanyak korelasi dengan juga mengenal teman-teman dari kenalan tadi, maka bertambahlah daftar kenalannya nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar